Berbagi Cerita Berbagi Inspirasi

Perjalanan Menembus Batas yang Tiada Berbatas

Jakarta : Kota Terbersih Ke-3 di Asia (???)

2 Comments

Jakarta Kota Terbersih Ketiga di Asia?

Selasa, 20 Oktober 2009 | 12:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta Peny Susanti memberikan kabar gembira. Meski tidak menyebut sumbernya, ia menyatakan Jakarta sekarang sudah masuk kota terbersih ketiga di Asia.

Menurut dia, penilaian internasional itu sangat membanggakan, mengingat 20 tahun lalu Jakarta termasuk kota terkotor di dunia.

"Saya sangat surprise bahwa Jakarta itu sudah bersih se-Asia nomor tiga," kata Peny dalam acara pembukaan Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor Wali Kota Jakarta, Selasa (20/10).

Ditambahkan, Jakarta kini hanya setingkat di bawah Singapura dan Surabaya jika diukur dari kualitas debu, khususnya partikel debu. Ukuran partikel debu Jakarta 68,5 mikrogram per meter kubik. Sedangkan standar normalnya 150 mikrogram per meter kubik.

"Untuk kualitas debu, khususnya partikel debu, yang paling bersih adalah Singapura dengan partikel debu 30 mikrogram per meter kubik. Kedua adalah Surabaya 60 mikrogram per meter kubik, dan ketiga adalah Jakarta, 68,5. Standarnya adalah 150 mikrogram per meter kubik," katanya bangga.

Bagaimana dengan kota-kota lain? Menurut dia, ukuran partikel debu di Beijing 140 mikrogram, Shanghai 90 mikrogram, dan Ho Chi Minh 80 mikrogram.

http://megapolitan.kompas.com/read/xml/2009/10/20/12264517/Jakarta.Kota.Terbersih.Ketiga.di.Asia

Sejenak setelah membaca artikel berita diatas, saya jadi terperanjat. Apakah itu benar adanya? Saya jadi bertanya-tanya bagaimana ya kriterianya?

Berita diatas menyebutkan bahwa peringkat pertama adalah Singapura, kemudian Surabaya, dan kemudian Jakarta. Saya jadi tambah bertanya-tanya kalau peringkatnya seperti itu bagaimana dengan Dubai, Tokyo, Shanghai, dan juga bahkan Kuala Lumpur. Bukannya bersikap skeptis dan apatis, namun saya mencoba untuk melihat secara objektif dan mencoba untuk memahami bagaimana penilaian tersebut dibuat. Sekilas sebelum membaca berita diatas secara lengkap, dalam hati saya sempat berpikir kalo nanti Urutan pertama adalah Singapura dan itu pasti, yang kedua adalah Dubai, yang ketiga adalah Tokyo, dan saya tidak pernah berpikir kota di Indonesia akan masuk didalamnya. Ternyata dugaan saya salah total.

Kota Dubai masuk dalam pikiran saya adalah karena yang pertama adalah saya pernah kesana dan kota tersebut sangat bersih dan mempunyai semua syarat disebut kota terbaik, mulai dari adanya gedung dan karya arsitektur terbaik di jaman modern ini, system transportasi yang terintegrasi dengan baik, rapi, menyedot banyak wisatawan, destinasi para pekerja terbaik dari seluruh dunia menjadikan kota ini memiliki pendapatan perkapita yang sangat tinggi.

clip_image002

Palm Al-Jumeirah

source : http://thereformedbroker.files.wordpress.com/2008/12/dubai-islands2.jpg

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya kita melihat referensi lain, yaitu kota terbersih di Eropa :

  1. Riga, Latvia
  2. Vienna, Austria
  3. Köln, Germany
  4. Barcelona, Spain
  5. Kopenhagen, Denmark
  6. Zürich, Swiss
  7. Stockholm, Sweden
  8. Amsterdam, Holland
  9. Dublin, Ireland

Sedangkan untuk kota-kota yang mendapatkan penghargaan dari ASEAN untuk kategori The ASEAN Environmentally Sustainable City Award 2008 :

  1. Palembang, Indonesia
  2. Temburong District, Brunei Darussalam
  3. Phnom Penh, Cambodia
  4. Luang Prabang, Laos PDR
  5. North Kuching, Malaysia
  6. Taungyi, Myanmar
  7. Puerto Princesa, Philippines
  8. South West Community Development Council, Singapore
  9. Bangkok, Thailand
  10. Ha Long, Vietnam

Kota di Indonesia yang mungkin “lebih layak” untuk gelar tersebut adalah Palembang, Yogyakarta, Pare-Pare, atau bahkan Makassar yang sedang giat bersolek.

Namun, terlepas dari itu semua, bangsa Indonesia tetap harus berbangga hati walaupun masih sangat sukar untuk dibuktikan dan masih banyak yang meragukannya, termasuk saya. 

About these ads

Author: Richard Reynaldo

Richard Reynaldo alias Raden Mas Gandrik

2 thoughts on “Jakarta : Kota Terbersih Ke-3 di Asia (???)

  1. IYA….!!!!!!! setuju BGT!! walaupun bangga, tetep ja q masieqh KAGAK PERCAYA .bukan’x q mw jeleq2in negara sendere…’tp liat doeloe duanx gemana kota jakarta itoueh!!!. but i want to say “CONGRATILATION TO INDONESIA ” JANGAN MW KALAH MA NEGARA LAIN!!! OXE CUYYYY!!!??????

  2. Pingback: Berikan Inspirasi untuk Berani Berkreasi di Usia 3 | bijak.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.