Menunggu Momentum Titik Balik

clip_image002[10]

Hari yang sedikit mendung dengan hujan gerimis, terduduk memandang ruang luar yang perlahan terbasahi oleh alam. Ya, hari ini hari genap dimana aku menjadi 1 tahun lebih tua. Banyak ucapan selamat ulang tahun dari teman, sahabat, dan keluarga. Namun ada satu ucapan dari seorang sahabat yang berkata,

"Selamat ultah gendut, ingat bro, tambah umur berarti 1 tahun lebih dekat dengan kematianmu. Gunakan waktu ini sebagai titik balik menjadi lebih baik dari segala bidang."

Membaca ucapan itu, hari ini menjadi benar-benar menjadi refleksi bagiku. Wah ternyata memang banyak yang harus direnungkan kembali, mulai dari perkembangan diri, hubungan dengan teman dan keluarga hingga hubungan jarak jauh dengan Titi yang sudah berlangsung lama, aku setia dan bahagia menjalaninya walaupun membuat kami harus bertemu beberapa bulan sekali. Setidaknya dengan segala keterbatasan masih ada harapan untuk lebih bersatu.

Ya, hari ini membuatku menjadi membuat merenungkan kembali segala usaha yang sudah kulakukan untuk menemukan titik balik tersebut, titik balik untuk lebih baik dalam sikap dan perkembangan diri, titik balik dalam hubungan dengan sesama dan keluarga yang lebih baik lagi dan tentunya hubunganku dengan Titi yang lebih baik lagi. Masih tetap jauh dan banyak usaha yang sudah dilakukan, namun masih belum ketemu juga titik balik tersebut.

"Setiap titik balik dari kita akan membuat kita keluar dari kondisi lama menjadi kondisi yang lebih baik bagi kita dan sesama kita. Selamat ulang tahun semoga tambah beruntung, sehat, panjang umur dan selalu disayang Tuhan"

Ternyata aku tidak sendirian dalam menemukan titik balik tersebut, ada pasangan suami istri yang sudah menikah beberapa tahun menunggu titik balik mereka dengan menanti kehadiran buah hati, ada lulusan sarjana yang sedang menunggu titik balik kehidupannya yaitu di pekerjaan, ada pula seorang yang sedang sakit menunggu titik balik yaitu sebuah kesembuhan. Sedangkan aku, ah banyak sekali titik balik yang harus aku temukan…

Ya, hari ini hari yang berbahagia buat aku, bertambah 1 tahun usiaku, dan hari yang sangat merefleksi diriku, yaitu semakin dekat 1 tahun dengan kematianku, dan hari yang sangat aku syukuri, 1 tahun lebih dekat dengan Tuhan. Walaupun beberapa titik balikku belum aku temukan, dengan harapan yang masih ada aku akan terus mencari titik balik itu. Namun itu masih memerlukan waktu, tenaga, dan kesabaran untuk menemukan titik balik tersebut.

Jakarta, 28 November 2011

Published by

Richard Reynaldo

Richard Reynaldo alias Raden Mas Gandrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s